Senin, 09 April 2012

BBM naik


Kalau sekarang belum boleh naik BBM subsidi. Tapi, masyarakat kami ajak untuk berhemat, dengan cara mengurangi konsumsi yang tak perlu

                Menteri ESDM Jero Wacik menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia supaya mulai berhemat energi listrik dan BBM. Langkah tersebut akan membantu pemerintah mengurung niat untuk menaikkan harga BBM bersubsidi.
"Kalau sekarang belum boleh naik BBM subsidi. Tapi, masyarakat kami ajak untuk berhemat, dengan cara mengurangi konsumsi yang tak perlu. Itu konsekuensi kalau tak naikkan BBM,"kata dia di Jakarta, hari ini.
Misalnya, masyarakat bisa mematikan AC kalau tidak ada di ruangan untuk menghemat penggunaan listrik. Hal yang sama juga kalau mengguanakan mobil bersama-sama kalau bepergian "AC kan bisa. Kalau nggak sulit. Kalau semua bisa melakukan akan dahsyat efeknya,"tandasdia.
            Bersamaan itu, pemerintah akan segera melakukan konversi energi dari BBM ke gas, termasuk mempersiapkan infrastrukturnya. "Program Konversi BBM ke gas akan segera kita wujudkan. Kami sedang siapkan konverter kit dan SPBG tambahan,"ujar dia. Lebih lanjut dia menjelaskan harga minyak mentah (ICP) Indonesia bulan Maret rata-rata sebesar US$128,14 per barrel. Namun, dari pencapaian selama enam bulan terakhir rata-rata ICP belum melebihi 15 persen, sehingga hak yang diberikan kepada pemerintah belum bisa diwujudkan. "Kita harapkan harga ICP bisa turun. Tapi di sisi lain kita juga bisa berhemat,"ujar dia.
            Menurut dia, cara menentukan ICP tersebut diambil dari 50 ladang minyak yang tersebar di seluruh Tanah Air setiap hari. Lalu di akhir bulan dicarikan rata-rata kembali harga ICP tersebut. "Semua transparan dan tak ditutup. Patokan ICP ini juga disampaikan ke dunia,"jelas dia.
Penyelesaian
1.      Cek tekananan.
Tekanan ban juga harus diperhatikan tekanan ban yang kurang mengakibatkan motor atau mobil kita larinya berat sehingga cukup membuat bensin kita boros.
2.      Cek kondisi roda.
Kondisi roda motor dan mobil juga harus baik dan tidak ada hambatan, pergerakan roda yang berat biasanya dikarnakan pelk tidak center,bearing roda aus atau kurang pelumas dll.
3.       Atur jarak rem.
Rem yang menempel dapat membuat roda kita berat nih saat berjalan, atur rem jangan terlalu rapat.
4.      Pelumas.
Pelumas yang baik akan mampu membuat mesin lebih optimal sehingga lari motor lebih cepat namun hemat bensin, ganti pelumas secara rutin jangan melebihi batas service yang dianjurkan sehingga mesin terjaga dan putaran mesin tetap top.
5.       Busi.
Perhaatikan juga busi,jangan sampai diselimuti kerak, pada umumnya pemakaian busi efektif sekitar 6000-7000km jika sudah memenuhi syarat penggantian segera ganti aja sesuai spesifikasi yang di anjurkan.
6.      Service dan setel kalbulator.
Service kalbulator untuk membersihkan kotoran yang dapat menyumbat saluran bensin,setel ketinggian pelampung,skrup udara atau pilot air screw kalau dilakukan tepat maka konsumsi bensin menjadi irit.
7.      Filter kalburator.
Selalu bersihkan filter kalburator,untuk filter jenis viscous element jika debu sudah cukup tebal ganti aja karna filter jenis ini jika dibersihkan dengan angin bertekanan akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debunya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar